Selasa, 27 September 2011

PT SARI LEMBAH SUBUR

PENDAHULUAN


  1. Latar Belakang

         PT Sari Lembah Subur adalah anak perusahaan dari PT. Astra Agro Lestari Tbk,yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit PT.Sari Lembah Subur. PT. SLS adalah perusahan perkebunan kelapa sawit PBSN yang memiliki PIR Trans

         Luas Tanam + 15.000 Ha yang terdiri atas + 8.000 Ha Kebun Plasma (4.000 KK) terdiri dari 22,7 % (908 KK) warga lokal (lebih besar dari target yang 20 % warga lokal) dan + 2.000 Ha Kebun Inti I serta + 5.000 Ha Kebun Inti II.
         Kebun Inti I terdiri dari Kebun Kampar sedangkan Kebun Inti II terdiri Kebun Kerumutan dan Kebun Tanglo.

         PT SLS memiliki dua pabrik pengolahan minyak kelapa sawit yaitu PKS SLS-1 dengan kapasitas 60 dan PKS SLS-2 dengan kapasitas 30 Ton TBS/jam

         Seluruh Operasional akan disupport oleh Bagian Administrasi (Gudang, HRGA dan Finance), Bagian SHE (Safety Health Environment), Bagian CD (Community Development), Bagian HPT (Hama Penyakit Tanaman) dan Bagian Teknik (Infrastruktur)














Deskripsi PT.Sari Lembah Subur

Salah satu usaha pemerintah untuk mengembangkan usaha perkebunan adalah dengan pola PIR yang mana pemerintah telah menyetujui 29 perusahaan yang akan mengembangkan usaha perkebunan dengan pola PIR Trans yang terdiri dari 24 perusahaan swasta dan 5 perusahaan negara (PTP) yang terbesar di 10 Propinsi. Dalam rangka menunjang program serta kebijaksanaan pemerintah ini maka berdirilah PT. Sari Lembah Subur sebagai salah satu perusahaan perkebunan di Indonesia. PT. Sari Lembah Subur merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Astra Agro Lestari Tbk yang bergerak dalam bidang perkebunan yang terdiri dari perkebunan Inti, Plasma & KKPA serta tahap pengembangan di Afd. OX/OY seluas 450 Ha.

Kebun PT. Sari Lembah Subur dimulai pada tahun 1987, sedangkan Pabrik mulai beroperasi bulan September 1992. Terletak di Kecamatan Pangkalan Kuras dan Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Namun sekarang setelah otonomi  daerah terjadi pemekaran Kabupaten yang mana sekarang PT. Sari Lembah Subur berada di Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau. PT. Sari Lembah Subur.

KEBUN


  1. Perkebunan kelapa sawit PT. Sari Lembah Subur terdiri dari 3 kebun yaitu kebun PT. Sari Lembah Subur-1 pola PIR-Trans, kebun PT. Sari Lembah Subur -2 pola PBSN (Perkebunan Besar Swasta Nasional) dan PT. Sari Lembah Subur-3 pola KKPA. Perkebunan PT. Sari Lembah Subur-1 seluas 10.000 Ha yang terdiri dari Plasma 8.000 Ha dan inti 2.000 Ha serta KKPA seluas 3.050 Ha. Perkebunan PT. Sari Lembah Subur-2 adalah perkebunan pola PBSN murni seluas 15.000 Ha. Dengan Luasan areal tersebut diharapkan Perusahaan dapat mencapai target Produksi.


PABRIK



         PT. Sari Lembah Subur memiliki 2 PKS ( Pabrik Kelapa Sawit), pabrik pengolahannya dengan kapasitas 30 ton TBS/jam. Pada tahun 1995, kapasitas pabrik ditingkatkan menjadi 60 ton TBS/jam. Dengan demikian dapat menghasilkan Rendemen CPO Golden minimal 24 % dengan Kadar FFA (Keasaman) > 2,5 %. Dalam proses produksinya PKS PT. Sari Lembah Subur menghasilkan limbah dalam bentuk gas, cair dan padat dalam jumlah yang relative besar. Bebarapa upaya telah dilakukan untuk penanganan limbah yang dihasilkan pabrik dalam proses produksinya, seperti pembuatan dan pengoperasian kolam pengolah limbah cair, dan pemanfaatan limbah padat sebagai bahan bakar boiler atau untuk dimanfaatkan terutama oleh penduduk sekitar. Sekarang Limbah tersebut juga sudah dimanfaatkan sebagai Land Aplikasi melalui Pipa-pipa yang disalurkan langsung dari Pabrik ke kebun untuk kesuburan tanah maupun pohon sawit tersebut.



























KARYAWAN

Pada umumnya Pengelolaan Perkebunan selalu melibatkan tenaga kerja yang cukup banyak. PT. Sari Lembah Subur melibatkan karyawan sebanyak  +  1.089 orang meliputi Departemen Tanaman, Pabrik, Teknik, Umum & Administrasi dengan susunan sebagai berikut:

NO
PT
JUMLAH KARYAWAN
TOTAL
STAFF
SKU/BLK
BHL
1.
SLS-1
32
341
91
464
2.
SLS-2
13
480
78
571
3.
SLS-3
5
21
28
54
T O T A L
50
842
197
1.089

Keterangan Tabel diatas :
·         Staff terdiri dari     :  Administratur, KTU (Kepala Tata Usaha), Ka. Kebun, Ka. Pabrik, Ka.Teknik, CDO (Community Development Officer)/Pubilc Relations, Kapro (Kepala Proyek) KKPA, Asisten Tanaman & Asisten Administrasi.
·         SKU/BLK            : Non Staff ( Mandor I/Krani I) & Karyawan yang sudah diangkat menjadi karyawan tetap Harian maupun Bulanan Lokal.
·         BHL                   :Buruh Harian Lepas atau Karyawan yang belum diangkat sebagai karyawan Tetap atau masih dalam Training, Karyawan Kontrak & Karyawan Borongan.
Demikianlah sejarah singkat PT. Sari Lembah Subur sebagai salah satu Anak Perusahaan PT. Astra Agro Lestari Tbk. yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit yang terletak di Bumi Lancang Kuning sebagai julukan Provinsi Riau.

















KARYAWAN

PT.Sari Lembah Subur memiliki karyawan sebanyak 2054 orang , dengan perincian sebagai berikut :
  1. PT.Sari Lembah Subur 1  memiliki karyawan BHL sebanyak 156 orang dan karyawan SKU sebanyak 350 orang.
  2. PT. Sari Lembah Subur 2  memiliki karyawan BHL sebanyak 352 orang dan karyawan SKU sebanyak 508 orang.
  3. PT. Sari Lembah Subur 3  memiliki karyawan BHL sebanyak 128 orang dan karyawan SKU sebanyak 560 orang. 

a. Status karyawan
Berdasarkan cara pengupahanya karyawan site di bedakan menjadi 3 kelompok yaitu:
·         Karyawan BHL (Buruh Harian Lepas) dengan ciri - ciri sebagai berikut :
1.    Di upah secara harian.
2.    Tidak mendapat catu beras.
3.    Di perkerjakan maximal 21 hari kerja / bulan.
4.    Tidak mendapat Jamsostek
·         Karyawan SKU (Pekerja Harian Tetap) dengan ciri – ciri sebagai berikut :
1.    Di upah secara harian.
2.    Mendapat catu beras.
3.    Mendapat Jamsostek
·         Karyawan SKU bulanan , dengan ciri – ciri sebagai berikut :
1.    Di upah secara bulanan.
2.    Mendapat Jamsostek.
3.    Mendapat catu beras.



b. Pengupahaan
          Upah yaitu imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atas hasil kerja.

 Bentuk upah , ada 2 macam yaitu:
·         Nilai uang
Nilai upah uang ditetapkan berdasarkan UMR (Upah Minimum Regional) yaitu sebesar Rp.840.000,-
·         Nilai Natural
Nilai Natural yaitu upah yang di berikan bukan dalam bentuk uang melainkan berbentuk material yaitu berupa beras.

1. PERSONALIA

  1. Pengertian Personalia
Pengelolahan kebun pada dasarnya adalah pengelolahan orang ( Karyawan ) baik tidaknya kebun tergantung dari baik tidaknya pengelolahan orangnya.

  1. Ruang Lingkup Kerja
Administrasi Personalia pada garis besarnya adalah pengelolahan dan pengawasan atas penerapan sistem dan prosedur kepersonaliaan di setiap unit kerja, Pabrik, Afdeling dan Tehnik.
 Tujuan kegunaan Adminstrasi Personalia

1.   Data Karyawan
Mengetahui secara pasti jumlah tenaga kerja yang ada di masing – masing kebun untuk keperluan :
-          Penggajian
-          Pemberian Bantuan – bantuan kepada karyawan dan keluarganya apabila di tetapkan oleh perusahaan.
2.   Absensi
Mengetahui secara pasti jumlah tenaga kerja yang bekerja dan tidak bekerja karena sesuatu alasan setiap hari untuk menjadi bahan bagi pimpinan bagian masing – masing.
3.   Pengobatan dan Perawatan
Untuk mencegah agar pengobatan dan atau Perawatan tidak di salah gunakan oleh yang tidak berhak.
4.   Pengajian
Untuk memberikan keyakinan kepada Prusahaan bahwa gaji yang di bayarkan benar – benar diterima oleh karyawan yang berhak.
5.   PPh 21  
Untuk membuktikan kepada Negara dan Pemerintah bahwa Perusahaan taat dan patuh terhadap kewajiban membayar pajak pada Negara.
6.   Jamsostek
Untuk lebih memberikan jaminan kesejahteraan kepada seluruh karyawan tetap yang bekerja di Perusahaan.
Dasar – dasar administrasi Personalia
    1. Administrasi Karyawan
1.    Status karyawan
a.    BHL
b.    SKU Harian
c.    SKU Bulanan
2.    Data Karyawan
a.    Nama lengkap karyawan
b.    Tanggal masuk kerja
c.    Status perkawinan
d.    Tempat tgl lahir
e.    Pendidikan dan Status jabatan
3.    Absensi  dan hari kerja
a.    Waktu kerja adalah 7 jam sehari 40 jam seminggu.
b.    Hari istirahat mingguan  a hari biasanya hari minggu.
c.    Tidak masuk keja beralasan . Cuti tahunan, Cuti Bersalin, haid, sakit keterangan Dokter, kelahiran anak, kematian, perkawainan.
d.    Tidak masuk kerja tidak ada alasan : Malas berangkat kerja, urusan pribadi, belanja pribadi, pekerja tidak mendapat upah dalam bentuk apapun upah uang maupun cuti.


  1. Pengupahan / Penggajian & PPh21
Upah adalah imbalan yang diberikan oleh Perusahaan kepada karyawan / pekerja atas hasil kerjanya, uapah ada dua macam :
1.    Upah Berbentuk uang
2.    Upah berbentuk natura ( beras )
  1. Pengobatan Dan Perawatan Karyawan
Perusahaan menyediakan fasilitas dan pengobatan / perawatan karyawan terhadap karyawan yang sakit dan disedian klinik jika karyawan tersebut perlu di rawat di rumah sakit , puskesmas harus melaporkan ke KTU.
  1. Jaminan Sosial Tenaga Kerja ( Jamsostek )
Bentuk – bentuk penerapan Jamsostek di kebun :
  1. Jaminan kecelakaan kerja
  2. Jaminan hari tua
  3. Jaminan kematian.


2. GUDANG / LOGISTIK

A. Pengertian Gudang
Gudang adalah suatu tempat yang fungsikan untuk penyimpanan barang sementara sebelum barang digunakan.


B. Syarat Gudang.
Syarat – syarat gudang yang baik adalah :
    1. Tidak Bocor
    2. Tidak lembab ( cukup sirkulasi udara )

C. Penyusunan / penyimpanan gudang
Berdasarkan tujuan dan pengunaan, barang – barang dapat di kelompokan, barang tanaman, barang Pabrik, barang Teknik dan barang umum.
Penyusunan / penyimpanan barang harus memperhatikan hal – hal sebagai berikut :
a.    Setiap kelompok barang harus diletakan secara terpisah dan mempunyai tempat terpisah.
b.    Untuk barang yang ukuran kecil dan jumlahnya banyak serta beragam bentuknya harus ditempatkan dalam rak.
c.    Setiap kelompok barang harus diberi label agar memudahkan pengambilan dan pemeriksaan.

D. Keamanan Gudang
Keamanan Gudang meliputi :
1.    Keamanan barang dari pencurian / hilang
2.    Keamanan barang dari kerusakan
3.    Keamanan Gudang dari bahaya kebakaran.


Laporan yang sangat penting berupa dokumen sebagai berikut :
1.    TTG ( Tanda Terima Gudang ) suatu dokumen Yang menerapakan penerimaan barang dari supplier / Expedisi oleh Gudang site
2.    BPB ( Bon Permintaan Barang ) suatu dokument yang berisi permintaan barang oleh bagian masing – masing kepada gudang untuk operasional pekerjaan.
3.    SPB ( Slip Permintaan Barang ) suatu dokumen yang berisikan permintaan ke HO / LO dan permintaan untuk barang kebutuhan lokal .
4.    SKB ( Slip Keluar Barang ) suatu dokumen / laporan yang menerapakan keluaran tiap jenis barang pada periode tertentu.


3. BASIC MENTALITY

Sasaran Besic Mentality :
a.    Mampu memahami dan menerapkan mentalitas dasaar pada Astra Management System.
b.    Bisa menumbuhkembangkan “ AMS “ dibidang kerja.
Ada 5 pilar Astar Managemnt System :
1.    Focus pada pelanggan ( Custamer )
2.    Focus pada PDCA
3.    Focus pada Fakta dan data
4.    Focus pada kerja sama ( Team Work )
5.    Focus pada Keunggulan ( Exellence )

Definisi Mentalitas Dasar :

Adalah cara berpikir, bersikap, bertindak dalam melaksanakan pekerjaan sehari – hari selaras dengan nilai – nilai Astra.
Tujuan : untuk membangun budaya kerja dan budaya Perusahaan yang unggul untuk mencapai Astra Exellence.
Sikap pada pelanggan dalam memberikan pelayanan dibutuhkan sikap, perilaku, tutur kata, tindak tanduk, bahasa tubuh, perasaan dengan tulus benar – benar ditunjukan kepada pelanggan.
Qualitas adalah QCDSM.
Ada lima faktor utama yang menjadi pokok perhatian pelanggan saat ini :
1.Quality  : Kualitas dari Produk dan jasa minimal memenuhi harapan pelanggan.
2.Cost       : Harga yang realistis bagi pelanggan
3.Delivery : Tepat waktu dalam memberikan produk dan jasa.
4.Safety   : Keamanan bagi pengguna dan pembuat.
5.Morale   : Semangat melayani berdasarkan Business dan work ethnics
Pelanggan :
Adalah proses berikutnya,  akan tetapi dari semua kegiatan atau proses harus berpikir bahwa pelanggan adalah pemakai produk atau jasa yang dihasilkan.
Pengendalian adalah tindakan penanggulangan dan pencegahan, selesaikan masalah sedini mungkin dengan tuntas, kemudian tentukan cara pencegahan agar masalah tersebut tidak akan muncul kembali.

Prinsip Prioritas
Mengutamakan  penyelesaian masalah / pekerjaan yang sedikit tetapi penting sehingga semberdaya yang ada didapatkan  hasil yang optimal.


4. KEUANGAN

Administrasi Keuangan
Ø  Dasar          dasar Akuntansi
 Proses Akuntansi, Akuntansi Kas, Akuntansi Piutang, Akuntasi Sediaan, Akuntansi Aktive, Akuntansi Utang.
Ø  Dasar –dasar Manajemen Keuangan
 Arus Keuangan, Modal kerja, kas, Time Value of Money, Peranggaran
Ø  Manajemen Kearsipan

Tujuan Laporan Kauangan
v  Aktiva
v  Kewajiban utang
v  Ekuitas / Modal
v  Perubahan aktiva  Netto yang timbul dari kegiatan usaha
v  Potensi Perusahaan dalam menghasilkan laba

Karakteristik Laporan Keuangan
v  Dapat dipahami
v  Relevan
v  Materialitas/ dapat diuji
v  Lengkap
v  Netral
v  Tepat waktu
v  Dapat di bandingkan

ACCRUAL BASIS  :
Pengakuan penjualan & pembebanan biaya berdasarkan saat kejadian transaksi penjualan / biaya

CASH BASIS :
Pengakuan penjualan & pembebanan biaya berdasarkan saat penerimaan & pembayaran tunai
Proses Akuntansi :

§  Menjurnal Transaksi
§  Memasukan kedalam leger ( Buku besar )
§  Menyusun Neraca lajur
§  Menyusun data penyesuaian
§  Menyiapkan Neraca lajur

Pengertian Kas
Alat tukar yang diakui & diterima oleh masyarakat meliputi uang tunai maupun instrumen pembayaran lainnya.

 Jenis – jenis  Kas dan Setara Kas
-          Uang tunai ( kertas, logam )
-          Cek, wesel
-          Simpanan giro di Bank
-          Investasi yang digunakan untuk memenuhi komitmen kas jangka pendek

Akuntansi Terhadap Kas
-          Kas
Untuk menampung transaksi penerimaan /pengeluaran kasa melalui kasir, termasuk penerimaan dan pengeluaran setoran.

-          Kas Kecil
Sejumlah dana yang dibentuk  untuk pengeluaran yang bersiafat rutin dan jumlah relatif kecil
-          Selisih Kas
Untuk membedakan jumlah fisik kas menurut hasil opname kas dengan menurut kas catatan pembukuan sebelum penyebab perbedaan ditemukan.

Rekonsiliasi Bank

Guna untuk mencocokan laporan Bank dengan Perusahaan berkaitan dengan dana yang disimpan karena adanya perbedaan waktu, tempat maupun kekeliruan , dapat di lakukan terhapap saldo akhir saja, saldo awal, penerimaan, pengeluaran & saldo Akhir.


5. SAFETY HEALTH ENVIRONMENT ( SHE )

          S H E :
          Safety                  : Keselamatan Kerja
          Health        : Kesehatan Kerja
          Environment        : Lingkungan

Pengertian SHE adalah Keselamatan Kerja dan Lingkungan atau dapat juga di sebut LK3.
Divisi SHE adalah Struktur Organisai lansung di bawah Direktur Operasioanl,
PIC SHE di setiap PT secara struktur Organisasi lansung dibawah Administratur.
Berbahaya ( Danger )
          Adalah suatu kondisi yang telah teridentifakasi melalui pemeriksaan / pengujian/analisis disimpulkan telah menunjukan meliputi batas aman.

Incident
          Suatu kondisi /keadaan bilamana pada saat itu sedikit saja ada perubahan maka dapat mengakibatkan terjadi accident/ kecelakaan.
Accident
          Suatu kejadian yang tidak diinginan berakibat cedera pada manusia, kerusakan barang,gangguan terhadap pekerjaan dan pencemaran lingkungan.

Aman ( Safety )
          Suatu kondisi dimana atau kapan munculnya bahaya telah dapat dikendalikan ke tingkat yang memadai, dan ini adalah lawan dari bahaya.

Sebab – sebab kecelakaan :
1.    88 % Unsafe Action
Suatu  kegiatan yang tidak memenuhi aturan yang telah ditetapkan atau tidak menjalankan SOP dengan baik dan benar.
2.    10 % Unsafe Condition
Suatu keadaan  dengan kondisi yang tidak aman / Sefety untuk melakukan  suatu kegiatan.
3.    2 % Tidak di ketahui ( Nasib)
Faktor nasib dibawah ketentuan manusia, semua kegiatan sudah memenuhu aturan yang telah ditetapkan dan kondisi yang aman ( sefety ).

Langka menuju Keselamatan.
1.    Apakah ada situasi yang membahayakan ?
2.    Apakah ada peralatan atau mesin yang berbahaya ?
3.    Apakah ada orang yang melakukan sesuatu yang berbahaya?
4.    Apa yang dapat kita lakukan untuk memperbaiki ?

Faktor – faktor yang memepengaruhi  kesehatan tenaga kerja
1.    Beban kerja
2.    Lingkungan kerja
3.    Kapasitas kerja
Penyakit Akibat Kerja ( PAK ) adalah penyakit yang disebabkan oleh pekerja atau lingkungan kerja ( Permennaker No. Per. 01/Men/19981)
Faktor – faktor penyebab akibak kerja
  1. Faktor Fisik.
2.    Golongan Kimia
3.    Golongan Biologi
4.    Golongan Ergonomi/Fisiologi
5.    Golongan mental Psikologi
Lingkungan : Keadaan sekeliling tempat organisasi beroperasi, termasuk udara, air, tanah,sumber alam, Flora, Fauna,Manusia dan keterkaitanya.
    1. Fisik  ( air, tanah, udara, industri, )
    2. Chemis ( zat kimia, pestisida, pupuk,)
    3. Biologi ( Manusia, hewan, tumbuhan, )
    4. Sosial ( masyarakat dengan perilakunya,)
LIMBAH
A.   Limbah Padat  (  Solid, Abu Janjang, Abu Boiler, dan  sampah, )
B.    Limbah Cair ( Waste water / limbah land aplikasi,
C.   Limbah Gas ( Asap Boiler, Genset, Incenerator,)

5K2S
          Adalah proses perubahan sikap dengan menerapkan dan kebersihan tempat kerja.
1.    Ketertiban
2.    Kerapian
3.    Kebersihan
4.    Kelestarian
5.    Kedisplinan
6.    Semangat kerja
7.    Safety.


6. ETIKA BISNIS DAN ETIKA KERJA

Etika Bisnis adalah bagian dan sistem yang dijabarkan dari Filosofi Perusahaan dan prisnsip – prinsip dasar Astra, dan di anut oleh organisasi usaha, dan sebagai acuan untuk perhubungan dengan lingkungannya, baik internal maupun eksternal.

Etika Kerja adalah bagian dari sistem nilai yang dianut secara perorangan dan termasuk etika hubungan antar Karyawan dan Perusahaan.

Catur Darma Corporate philosophi
a.    Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara dan Negara
b.    Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan
c.    Saling menghargai dan membina kerjasama
d.    Berusaha mencapai yang terbaik.

Prinsip  dasar Astra basic prinsiples :
  1. Menjadi warga usaha yang baik akan melenggengkan bisnis Astra
  2. Sikap kerja Profesional dan beretika akan meningkatkan nilai stakeholder
  3. Proses kerja yang terbaik dan unggul akan menghasilkan produk dan jasa berkualitas tinggi untuk memberikan nilai terbaik bagi pelanggan.
  4. Kesempatan yang sama tanpa membedakan senioritas, gender,suku, ras, agama dan antar golongan akan menumbuhkan tranparansi, kreatifitas, inovasi dan peningkatan pribadi.
  5. Peraih prestasi terbaik layak mendapatkan perhargaan tertinggi.
  6. Karyawan dengan motivasi dan kompentensi tinggi yang bekerja sebagai tim akan menghasilkan kinerja yang luar biasa.
  7. Aliran kompentensi dan karyawan tanpa batas dalam lingkungan grup Astra akan mempercepat tercapainya Astra Exellence.


Etika Bisnis Umum
Good Corporate Governance ( Pemerintah)
Pengertian :
          Pengelolahan Perusahaan dan bisnis dilakukan secara jujur, terbuka dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan Perisahaan.

Etika Bisnis Umum Kemitraan.       
Pengertian :
Segala bentuk interaksi dan pihak – pihak diluar Perusahaan yang berkepentingan dengan kegiatan Perusahaan sebagai mitra usaha seperti prinsipal, distributor, Dealer, Kreditur, dan mitra usaha lain.
7. PAJAK ( UPETI )

Sumber – Sumber Penerimaan Negara :
-          Pajak
-          Kekayaan Alam
-          Bea & Cukai
-          Retribusi
-          Iuran
-          Sumbangan
-          Laba dari BUMN
-          Sumber – Sumber Lain.

Pembagian Pajak :
  1. Berdasarkan Golongan
  2. Berdasarakan Wewenang Pemungut
  3. Berdasarkan Sifat.
Berdasarkan Golongan  :
Pajak lansung  Ex :  Pajak Penghasilan
Pajak Tdk Lansung  Ex : Pajak pertimbahan nilai

Berdasarkan wewenang Pemungut :
Pajak pusat / Negara, Ex: Pajak Penghasilan, pajak penjualan, dan barang mewah.
          Pajak Daerah  Ex : Pajak Kendaraan bermotor, pajak hotel, & pajak hiburan.
Berdasarkan Sifat :
          Pajak Subyektif  Ex : Pajak Penghasilan
          Pajak Obyektif Ex : Pajak pertambahan nilai
Ketentuan umum dan tata cara perpajakan dasar hukum uu No. 16 th. 1985 telah diubah terakhir dengan no. 16 tahun 2000.
“ORANG BIJAK TAAT DENGAN PAJAK”
8. QCC – SS

Sejarah QCC
Quality Control dimulai di Amerika Serikat dan terbatas untuk produk Pabrik. QCC diterpakan di Amerika Serikat oleh DR J.M JURAN  sebagai pelopor.
Jepang mulai menerapkan TQC ( Total Quality Control. TQC diterapak oleh semua karyawan dan terhadap semua macam produk / karya.
Tokog TQC :
1.    DR. W.E Deeming ( 1950 )
2.    DR. A.V Feigenbaum ( 1951 )
3.    DR. J.M Juran ( 1954 )

QCC Jepang mulai memperkenalkan pada tahun
1960 QUALITY CONTROL CIRCLE
atau Gugus kendali Mutu.
Dasar Indentifikasi masalah :
Ada beberapa situasi yang biasanya merupakan suatu sinyal atau tanda, tentang kemungkinan adanya  problem atau masalah yaitu :
1.    Situasi 1 ( Reapir )
Penyimpangan berarti keluar dari standart / tidak sesuai dengan yang di standartkan,
2.    Situasi 2 ( Impropvement )
Setiap proses ada kecendrungan berubah dari waktu ke waktu.
3.    Situasi 3
Dari waktu kewaktu teknologi semakin cepat bergerak, hal ini karena telah banyak ditemukannya tehnologi baru.

Pengertian QCC :
Sekelompok kecil karyawan dari satu unit kerja yang sama, secara bersama – sama melakukan kegiatan perbaikan dibidang pekerjaannya sendiri.



Tujuan berQCC
Ialah meningkatkan pengetahuan dan kemampuan,bekerjasama/Team Work, menghargai harkat dan martabat manusia..

Langkah – langkah berQCC :
1.    Menetukan Tema dab JudulATTN:
2.    Menentukan penyebab
3.    Menentukan penyebab Dominan
4.    Merencanakan tindakan perbaikan
5.    Tindakan perbaikan
6.    Evaluasi perbaikan
7.    Standarisasi
8.    Tindakan berikutnya.
BERQCCLAH DI TEMPAT ANDA BEKERJA


9. GENERAL AFFAIR  ( GA )

General Affair  ( GA )
Meliputi :
1.    BUMSITE
2.    PK UMUM
3.    MANAGEMENT ASSET

Biaya umum site : adalah biaya yang dikeluarkan untuk menunjang operasional Perusahaan yang bersifat umum.
PK Umum  : Pengeluaran dana yang bersifat umum termasuk Gaji karyawan  umum yang di bayar melalui PK.

Asset / Aktiva
Pengertian  umum adalah sumber daya yang dikuasai Perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi di masa depan diharapakan akan diperoleleh Perusahaan
Asset – asset perusahaan ada dua macam :
1.    Asset Tidak bergerak dan,
2.    Asset bergerak

Pengertian pengapusan Asset : adalah tindakan yang dilakukan atas suatu aktiva yang hilang / musnah, atau yang sudah tidak dapat digunakan lagi ( habis  masa pakai ) dan memiliki nilai jual lebih kecil 10 % nilai pembelian baru aktiva sejenis.
JENIS – JENIS ASSET YANG DI ASURANSIKAN :
1.    Alat Berat
     - Grader, Exacavator, Backhoe loader
2.    Kendaraan
- Mobil Bus, Mobil Pick Up, Ambulance, Sepeda motor.
3.    Bangunan
- Kantor Besar, Gudang, Worshop, Mess,R. Adm.R.Askep,R Asst,R G1,R G2 Kantor afd, dan tempat ibadah,
4.    Pabrik dan Dermaga
- Mesin dan peralatan, Stock bahan baku, barang ½ jadi dan barang jadi.
5.    Uang
-          Uang yang disimpan, dan uang dalam perjalan.

10. PLANTATION MANAGEMENT SYSTEM( PMS )

Tujuan Proyek PMS :
1.    Pembenahan “ Budaya “ para pelaku bisnis kebun ( Management dan karyawannya.
2.    Pembenahaan proses kerja sesuai Standart Operasioanal Prosedur ( SOP )
3.    Membuat standarisasi dengan perlakukan “ Single system “
4.    Pembuatan sofware aplikasi PMS sebagai pendukung.

Palttation Managent Systen adalah  suatu cara pengelolahan Operasional Perkebunan menuju Operasioanal Exellent.
PMS bukan hal yang baru, system yang dijalankan saat ini tidak jauh berbeda dengan system operasional sebelumnya. Namum  operasioanl lebih terkontrol dari pada pelaksanaan sebelumnya.

Konsep PPT ( People, Process, technologi )
-          PEOPLE ( Pelaku ) : Pengetahuan ( Knowledge ) , kemampuan ( skill ), Perilaku ( attitud ).
-          PROCESS ( Proses Kerja ) : beberapa di lapangan ( step by step ) sesuai system / SOP
-          TECHNOLOGI ( alat bantu ) : Technologi hanya sebuah tools, yang terpenting CTT Administrasi Operasional.
-         
Ada beberapa fakta brutal di lapangan :
a.    Kesalahan pembuatan laporan karena tidak mengikuti kaidah – kaidah CTT Adminstrasi.
b.    File – file penting yang tidak didokumenkan secara rapi.
c.    Kondisi ruang kantor yang tidak tertata.
d.    Banyak temuan audit karena kesalahan proses administrasi.


Data  seperti apa yang dibutuhkan :
-          Data yang transparan ( sesuai fakta dilapangan )
-          Data yang berisi informasi up to date ( cepat )
-          Data yang terpercaya dan benar ( tepat )
-          Data yang sesuai prosedur dan berurut. ( tertib )
Apa yang harus  dilakukan:
-          Memperbaiki proses kerja sesuai standart dan prosedur yang berlaku
-          Konsisten
-          Continues Improvement ( Perbaiki terus  menerus )
1. Maksud dan Tujuan

          Maksud dan tujuan pembangunan kebun dan pabrik pengolahan kelapa sawit  PT. Sari Lembah Subur adalah sebagai berikut:
    1. Meningkatkan kesempatan kerja untuk mengimbangi peningkatan angkatan kerja yang semakin meningkat, khususnya pencari kerja disektor perkebunan.
    2. Meningkatkan pemerataan hasil pembangunan , khususnya di daerah pedesaan, sehingga adanya aktifitas kegiatan yang produktif dapat memicu pertumbuhan wilayah.
    3. Menyediakan bahan baku berupa TBS , sehingga akan lebih memantapkan industri hilirnya.
    4. Meningkatkan penerimaan devisa negara , terutama dengan industri pengolahaan berskala ekspor.
    5. Bagi pemerkasa , keuntungan yang diperoleh adalah dalam bentuk profit.
    6. Memanfaatkan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan dengan tetap mempertahankan kelestarian lingkungan.
2. Lokasi Kegiatan
     Berdasarkan letak geografisnya , terletak pada koordinat antara 1020 080 080 1020 120 400 Bujur Timur dan pada 000 080 080 000 130 150 Lintang Selatan.secara administratif , lokasi kegiatan berada di kecamatan pangkalan kuras dan kuala kampar , propinsi Riau.Secara ekologis , wilayah studi berada dikawasan Sub- DAS Sungai Kerumutan dan Genduang yang merupakan anak Sungai Kampar, sehingga secara hidrologis kawasan tersebut masuk dalam DAS Kampar. Sungai Genduang adalah merupakan sumber untuk kebutuhan air proses.


MISI DAN VISI PERUSAHAAN


Misi :Berusaha menjadi panutan ( suri tauladan ) bagi perusahaan lain dan bisa memberikan kontribusi terhadap perkembangan dan kemakmuran bangsa dan negara.

Visi : Berusaha menjadi perusahaan agribisnis  (perkebunan) yang paling produktif dan inovatif di dunia.




SAPTA BUDAYA PERUSAHAAN


1.    Budaya Jujur dan bertanggung jawab

2.    Budaya Triple “S”

3.    Budaya Fanatik

4.    Budaya Peduli

5.    Budaya Kontrol

6.    Budaya Pembinaan dan Inovasi

7.    Budaya Korsa

17 komentar:

  1. artikel yang bagus, jika ada informasi lainnya tentang administrasi HR, boleh saling share informasi nih.

    Salam
    HR PT. Nafasindo
    nafasindo.hrd@gmail.com

    BalasHapus
  2. Kepada Yth.
    PERUSAHAAN BUMN & SWASTA NASIONAL

    Di Tempat

    Up : Pimpinan / Finance Manager

    Bersama ini Kami ingin memperkenalkan diri, bahwa PT.BINAMITRA MANDIRI SOLUSION adalah Perusahaan yang bergerak dibidang Jasa Penerbitan Jaminan Bank Garansi & Surety Bond Tanpa Agunan atau Non Collateral,Proses Cepat,Bisa dicek Keabsahanya dan Polis kami antar.

    Jenis jaminan yang kami terbitkan yaitu sbb:
    1.Jaminan Penawaran/ Bid( Tender) Bond.
    2.Jaminan Pelaksanaan/ Peformance Bond.
    3.Jaminan Uang Muka/ Advance Payment Bond.
    4.Jaminan Pemeliharaan/ Maintenance Bond.
    5.Jaminan pembayaran akhir tahun SP2D

    Juga beberapa produk jenis asuransi umum lainnya yang kami layani, antara lain:
    1.Custom Bond
    2.Asuransi Cargo
    3.Construction All Risk ( CAR )
    4.Public Liabillity/ Product Liability/ Profesional Liability
    Dll.

    Jenis jaminan Asuransi kami terbitkan antaranya sbb:
    • PT. Asuransi Askrindo
    • PT.Asuransi Jasindo
    • PT.Asuransi ASEI
    • PT.Asuransi Sinarmas
    • PT.Asuransi Jasaharja
    • PT.Asuransi Berdikari
    • PT.Asuransi Jasatania
    • PT.Asuransi ACA
    • PT.Asuransi Intra Asia
    • PT.Asuransi Bosowa
    • PT.Asuransi Raya
    • PT.Asuransi Mega Pratama
    • PT.Asuransi Ramayana Dll

    Jenis Bank Garansi Kami terbitkan sbb:
    • Bank Mandiri
    • Bank BRI
    • Bank BCA
    • Bank BTN
    • Bank Syariah Bukopin
    • Bank BNI
    • Bank BPD DKI
    • Bank BPD KALTIM
    • Bank BPD Bengkulu
    • Bank BPD JATIM
    • Bank BPD BJB

    Syarat - Syarat Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond Adalah :
    * Membuat surat permohonan Bank Guarantee / Surety Bond
    * Melampirkan Company profil / Biodata prusahaan lengkap
    * Melampirkan laporan keuangan ( neraca rugi/laba ) 2 tahun terakhir
    * Melampirkan photo cofy undangan lelang /SPK/P.O/RKS & Surat kontrak lainya

    CONTOH HITUNG PREMI BANK GARANSI
    CONTOH HITUNG PREMI ASURANSI
    Nilai Jaminan X Rate + ADM
    500.000.000 X 2,5% + 100.000 = RP 12.600.000
    Total Premi = RP 12.600.000
    Nilai Jaminan X Rate + ADM
    600.000.000 X 0,25% + 25.000 = Rp 1.525.000
    Total Premi = Rp 1.525.000

    Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang. Sambil menunggu konfirmasinya saya ucapkan terimakasih.Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.

    Hormat kami,

    PT. BINAMITRA MANDIRI SOLUSION

    Alamat: Jl. Kayu Manis II, Blok 2 No, 37A, Matraman - Jakarta Timur

    Untuk konfirmasi persyaratan dan negosiasi rate silahkan langsung hub. Bp. ARDA

    Contac
    Hp : 08211 2597 089

    Telpon : 021 8591 4350

    E-mail : ardasolusion@gmail.com

    Fax : 021. 8591 4353
    Web : www. binamitramandirisolusion.com



    BalasHapus
  3. Kepada Yth,


    To :PERUSAHAAN BUMN
    &
    SWASTA NASIONAL

    Di Tempat.



    Up/attn :Pimpinan / Finance Manager (HRD)

    Perihal : Surat Perkenalan & Kerjasama

    Terlampir : 1 Perincian Penerbitan Bank Garansi & Surety Bond


    Dengan Hormat,

    Salam hangat dari PT. JASA MULLYA ABADI (Consultan Bank Garansi Dan Asuransi)

    Perkenankan kami untuk memperkenalkan perusahaan kami, PT. JASA MULLYA ABADI .

    Dimana kami telah di back up beberapa perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN serta Perusahaan kami telah ditunjuk untuk memasarkan bank garansi yang terbitkan oleh Bank diantaranya:BANK BNI , BRI , BCA , BII , EXIM , DKI , BTN , SINARMAS , MUTIARA , AGRA , KALTIM , SUMSEL , BUMIPUTERA , DINAR , DAN BPD LAMPUNG serta bank dan Asuransi Penerbit lainnya.Pada kesempatan ini kami menawarkan kerjasama dibidang penerbitan bank Garansi / Surety bond,dimana didalam penerbitannya kami memberikan prosedur relatif mudah yaitu : NON COLLATERAL (Tanpa Agunan), Serta Jaminan polis siap kami antar.



    Jasa General Insurance Bank Garansi Dan Asuransi Yang Kami Tawarkan Diantaranya :



    - JAMINAN PENAWARAN (Bid Bond)

    - JAMINAN PELAKSANAAN (Performance Bond)

    - JAMINAN UANG MUKA (Advance Payment Bond)

    - JAMINAN PEMELIHARAAN (Maintenance Bond)



    1. Contractor all risk (CAR)

    2. Conprenshive general liability ( CGL)

    3. Workman compensation liability (WCL)

    4. Automobile liability (AL)

    5. Custom bond

    6. Property all risk (PAR)

    7. Erection all risk ( EAR)

    8. Marine hull insurance (MH)

    9. Cargo

    10. Sp2d Akhir Tahun ( Surat Perintah Pencairan Dana )

    11. KMK (kredit modal kerja)



    Besar harapan kami kiranya perusahaan kami diberikan kesempatan dan kepercayaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perusahaan bapak/ibu kelola terutama dalam hal perlindungan terhadap resiko (Wan Prestasi) baik itu proyek yang sedang berjalan / akan dilaksanakan maupun proyek yang sudah berjalan kami memberikan prosedur yang relative mudah yaitu proses cepat serta jaminan polis siap di antar.

    Demikianlah penawaran dari kami, semoga ini merupakan awal kerjasama yang baik dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.



    Best Regards

    SAHRONAL

    Div. Marketing


    PT. JASA MULLYA ABADI
    (Consultants Bank Guarantee & Insurance)
    Jl. Harapan Mulya IV No. 38, Harapan Mulya –
    Kemayoran Jakarta Pusat
    Telp : 021-4260719 (Hunting)
    Fax : 021-4252048
    Email :sahronal.jma@gmail.com
    Mobile : 0812 9331 9752

    BalasHapus
    Balasan

    1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  4. To : Perusahaan Importir Indonesia
    Kepada Yth : Bp&Ibu Pimpinan Perusahaan
    Di, -
    Tempat, -
    Perihal : Perkenalan Perusahaan Export-Import

    Kami adalah perusahaan FREIGHT FORWARDING specialist yang menghandle semua kegiatan IMPORT dengan system PEMINJAMAN UNDER NAME/CONSIGNEE

    PRODUCT AND SERVICE PT.TWI :

    1. Sea and Air Cargo Service
    2. Export & Import Customs Clearence Service
    3. International Courier Services
    4. Domestic Services
    5. Consigne / Undername
    6. Borongan ( All-In )

    Adapun daerah operasional perusahaan kami untuk customs clearance import adalah:

    1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta
    2. Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta )
    3. Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
    4. Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
    5. Pelabuhan Belawan ( Medan )

    Mengenai proses pengeluaran Barang Import ataupun Servis lain yang terpilih, diperkuat dengan MOU bermaterai demi terciptanya suatu kepercayaan dan kekuatan Hukum bersama.

    INFO PENTING : PT.TOPWAY TRANSCO INDONESIA TIDAK MENERIMA UANG DEPOSIT ( DP) SYSTEM PEMBAYARAN COD sebelum barang kami kirim ke customers, khusus berlaku untuk Door To Door.

    Apabila importer punya masalah dalam pengurusan import atau ada pertanyaan silahkan menghubungi kami dapat di kunjungi di website : www.topwayindonesia.com

    BalasHapus
  5. Kepada Yth,Perusahaan Pemerintah BUMN & Swasta
    PT, LTD, TBK
    Up : Pimpinan / Finance Manager
    Perihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi & Asuransi Tanpa Agunan / Collateral

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT. ANUGRAH LUAS JAYA (Consultan Bank Garansi & Insurance) dimana perusahaan kami telah di tunjuk untuk memasarkan Bank Garansi & Surety Bond bahkan perusahaan kami telah di Back Up oleh Perusahaan Asuransi Kerugian Swasta Nasional Maupun BUMN. Bank Garansi & Surety Bond yang kami terbitkan diterima di instansi pemerintah, maupun Swasta, (BUMN, BUMD, KPS, PERTAMINA, ICO, CNOOC, MABES TNI, MABES POLRI, TOTAL E & P INDONESIA) Di sini kami memberikan procedure yang relative mudah yaitu Tanpa Agunan (Non Collateral) serta polis jaminan kami :

    Jenis Jaminan,
    1.Jaminan Penawaran / Bid ( Tender) Bond.
    2.Jaminan Pelaksanaan / Performance Bond.
    3.Jaminan Uang Muka/Advance.
    4.Jaminan Pemeliharaan / Maintenance Bond.
    5.Jaminan Pembayaran / Paymen Bond
    6. SP2D Jaminan Pembayaran Akhir Tahun

    Salam
    YULYAN EFENDI
    Hp : 081283931320
    Telpon : 02142888259
    Fax : 02142888256
    Email : yulyan_alj@yahoo.com
    Gmail : yulyanluas@gmail.com
    Website : yulyanefendialj.simplesite.com
    PT. ANUGRAH LUAS JAYA

    BalasHapus
  6. Kepada Yth,Perusahaan Pemerintah BUMN & Swasta
    PT, LTD, TBK
    Up : Pimpinan / Finance Manager
    Perihal : Penawaran Produk MRO ( maintenence,repair,overhaul & polymer coumposit. Dengan Hormat, Perkenalkan kami dari Pt Hyraxindo Nusa Indah.apabila ada keluhan mengenai pabrik perihal maintenence dan lain sebagainya silahkan hub : Salam Agustinus. Hp : 085274283787. Email : hyraxindo.sales@gmail.com Tlp : 061 6642012. Pt Hyraxindo Nusa Indah

    BalasHapus
  7. Jika saya mau mengurus administrasi kebun sawit hubungi kemana ya?
    Ayah saya punya kebun sawit di kerumutan tapi sekarang sudah meninggal, lalu bagaimana cara supaya sy bisa mengurusnya?

    BalasHapus
  8. Jakarta,


    Kepada YTH :Pimpinan Perusahaan

    Seluruh Relasi , Bagian Import-Export dan Domestic.

    Di Tempat,

    HAL: QUOTATION TERBARU INTERNATIONAL IMPORT-EXPORT,DOMESTICS & TRANSPOTASI
    Dengan Hormat,

    Bersama ini, kami dari PT.FAJARINDO BUANA EXPRESS, ingin memperkenalkan Perusahaan kami dan ingin bekerja sama menjadi salah satu Mitra/Rekanan dengan perusahaan Bapak/Ibu pimpin untuk bidang sebagai berikut:

    MELAYANI INTERNATIONAL Sea & Air FREIGHT FORWARDING, CUSTOMS CLEARANCE, PROJECT SPECIALIST, INLAND TRANSPORTATIOON, EXPORT-IMPORT, melalui PELABUHAN LAUT dan UDARA baik Resmi maupun Borongan (All In) di seluruh wilayah Indonesia.

    a.MELAYANI IZIN PERUSAHAAN UNTUK CONSIGNEE IMPORT (UNDER NAME).

    b. PENGURUSAN JASA KEPABEANAN (PPJK), HANDLING EXPORT-IMPORT.

    Kami PT.FAJARINDO BUANA EXPRESS GROUP siap membantu.



    Legalitas Perusahaan Yang Kami Miliki :

    1.Izin dan alat Data Transaksi dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

    * API-U

    * SRP / NIK

    * NPIK ,Kimia dan Komponennya lainnya

    * NPIK TPT,

    2. Nomor Pokok Pengurusan Jasa Kepabeanan (NPPJK) yang dikeluarkan oleh Dirjen Bea dan Cukai.

    3. On Line Pembuatan PIB dan Transfer dengan EDI. System (Direct On Line dengan Dirjen Bea dan Cukai atas nama PT.FAJARINDO BUANA EXPRESS
    4. Keagenan kami di Asia, Europe, Afrika, Australia, USA, dan Seluruh Wilayah Republik Indonesia



    UNTUK 16 BAGIAN HS. CODE

    Produk Nabati Bag. II 06.01 - 14.04;

    Bahan Makanan Olahan Bag. IV 16.01 - 24.03;

    Produk Mineral Bag. V 25.01 - 27.16;

    Produk Industri Kimia Bag. VI 28.01 - 38.26;

    Plastik Bag. VII 39.01 - 40.17;

    Jangat dan Kulit Bag. VIII 41.01 - 43.04;

    Kayu dan Barang dari Kayu Bag. IX 44.01 - 46.02;

    Pulp dari Kayu atau dari bahan Selulosa Bag. X 47.01-49.11;

    Tekstil Bag. XI 50.01 - 63.10;

    Alas Kaki, Tutup Kepala Bag. XII 64.01 - 67.04;

    Barang dari Batu Bag. XIII 68.01 - 70.20;

    Logam Tidak Mulia dan Barang dari Logam Tidak Mulia Bag. XV 72.01 - 83.11;

    Mesin dan Peralatan Mekanis Bag. XVI 84.01 - 85.48;

    Kendaraan, Kendaraan Udara, Kendaraan Air dan Perlengkapan Bag. XVII 86.01 - 89.08;

    Instrumen dan Aparatus Optik Bag. XVIII 90.01 - 92.09;

    Bermacam-macam Barang Hasil Pabrik Bag. XX 94.01 - 96.19,

    Dan izin pendukung yang kami miliki sebagai berikut :

    – NPIK Elektronik– IT Elektronik

    – NPIK Besi & Baja– IT Besi & Baja

    – NPIK Alas kaki– IT Alas Kaki

    – NPIK Garment– IT Pakaian jadi

    – NPIK Mainan– IT Mainan anak-anak,



    Fasilitas Yang Kami Miliki :

    1. Kapal Tanker SPOB, Kapasitas 3500 DWT– 5000 DWT- 10000-DWT.

    2. Kapal RORO

    3. LCT (Landing Craft Tank) kapasitas -1000DWT-1.500DWT-2.200DWT-300 0-DWT.

    4.Tug & Barge (Tongkang) kapasitas Masing”- 230 Ft- 270 Ft- 300 Ft-330 Ft.

    Dengan pengiriman reguler Meliputi:

    Makasar-Balikpapan-Banjarmasin -Samarinda-Pontianak-Bitung-Am bon-Ntt-Ntb-Medan-Aceh



    5.Kapal Container (Joint Space) ukuran-20Ft-40Ft-FCL-Maupun Empty-LCL-(Joint Consol)-Lokal & Export.

    6.Jasa trucking: menyediakan, pick up, colt diesel 4 roda-6 roda box, bak, fuso 6 roda & 10 roda bak,Truk built up, lowbed, Trailer 20Ft-40 Ft dll.

    7.Kami siap menalangin dana setiap prospek yang diberikan.

    Misi Kami :

    Memperlancar usaha anda dengan service yang sangat Memuaskan & Tepat Waktu.

    Harga relatif murah/bersaing.

    Demikian perkenalan ini kami sampaikan,

    Satu kebanggaan besar bagi kami bila dapat bekerjasama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu Pimpin,

    Atas perhatian dan kepercayaan yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

    Hormat Kami,

    PT.FAJARINDO BUANA EXPRESS

    HERRY.P
    Faximil (021) 4288 5177
    Mobile +62-81381111441
    E-mail herry.fbe@gmail.com

    Head Office Jl.Raya Enggano No.15 Jakarta Utara TJ.Priuk komplek Ruko Enggono Blok B/15 (PPJK)

    BalasHapus
  9. Kepada Yth,

    Purchasing and Import Department'

    Di Tempat,
    =====================================================

    Mohon maaf bila email dari kami mengganggu kenyamanan Bapak/Ibu.

    Dengan Hormat,
    Perkenal kami kami dari PT. BNP Logistics yang bergerak dibidang jasa pengurusan barang impor/ekspor di area pabean baik melalui laut maupun udara.

    PT. BNP Logistis bersedia berkerjasama dengan perusahaan importir (produser,Umum,Terdaftar) dan pengusaha lainya yang bergerak di bidang perdagangan international,dengan murah dan cepat.
    Berikut spesifikasi jasa yang kami tawarkan :


    Operasional perusahaan kami service customs clearance air frieght and sea frieght impor:
    - Bandara Soekarno Hatta (Jakarta)
    - Pelabuhan Tg Priok (Jakarta)
    - Pelabuhan Tg Perak (Surabaya)


    Service International:
    - Sewa Undername. - Purchase of foreign goods
    - Ppjk - ETC
    - FOB/CNF/CIF - Impor borongan (All In)
    - Emkl/Emku - Customs borongan(barang bekas)
    - Customs Clearance - Trucking/Domestic
    - Ex Works
    - Door To Door/Port To Port
    - Service FCL/LCL


    Kuota Impor Barang Bekas:
    - Crane Mobile
    - Crane Exsavakator
    - Pilling Driver


    Melayani barang ketahan atau bermasalah,di karnakan tidak bisa di keluarkan dari pelabuhan karna masalah pabean atau kurang lengkap nya documen pendukung lain nya seperti:
    - NPWP - BPOM
    - APIU - SNI
    - NPIK - IT/LS
    Kami siap membantunya.


    Melayani pengiriman antar wilayah dengan mengunakan angkutan seperti:
    - Tronton - Kometo
    - Trailer - Fuso
    - Dolly - Colt Diesel


    Kami memiliki serta menlengkapi beberapa izin yang di perlukan antara lain:
    - Surat Registrasi Pabean.
    - Angka Pengenal Importir ( API ) sesuai HS.CODE jenis barang import:

    HS Code Bag. (2501 s/d 2716 s/d 2801 s/d 3828-3901 s/d 4017-4101 s/d 4304 )

    Hs Code Bag (4701 s/d 4911 - 5001 s/d 6310-6801 s/d 7020-7201 s/d 8311)

    Hs Code Bag (8401 s/d 8548-8601 s/d 8908-9001 s/d 9209-9401 s/d 9619)


    Demikian penawaran ini kami sampaikan, Besar harapan kami semoga penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama,
    Atas perhatian dan waktunya kami ucapkan terimakasih.

    Untuk Keterangan Lebih Lanjut Hubungi Contact Person:




    M.Rozi Agus Saputra

    ================

    Mobile+wa : 0822 7481 5288

    E-mail : Rozi.bnplogistics16@gmail.com

    web : http://jasaexportimportdandomestics.blogspot.com/

    ===============================================


    PT. Bahtera Niaga Prima

    • International Sea and Air Freight Forwarders

    • Undername Facility

    • Customs Clearance

    • Export-Import

    • Logistics Distribution

    Office :

    Ruko Grand Galaxy City Blok RSK 1 No.58, Jl.Pulo Sirih Baru Raya - Bekasi 17147
    Telp. : +6221 – 2287 5555, Faks. : +6221 – 2227 0902

    BalasHapus
  10. Mekarjati Direksi 04/09/2017
    Kepada Yth
    Kontractor / Suplier
    Di Tempat
    From : Yoga Naprianta
    Contac : 0812-8902-7370 , E-mail : Yoga97mjl@gmail.com

    Perihal : Penawaran Bank Garansi Tanpa Agunan & Tanpa Buka Rekening

    Dengan Hormat,
    Perkenal Kami dari PT. MEKARJATI JAYA LESTARI Nomor NPWP : 74.383.976.3-043.000, Perusahaan kami telah resmi di tunjuk untuk memasarkan produk Surety Bond & Bank Garansi tanpa Agunan), di mana Bank Garansi dan Asuransi yang kami tawarkan telah di terima di instansi Pemerintah maupun instansi Swasta, Untuk Bank BCA, BANK BII, BANK SinarMas, Bank BTN & BANK BNI, dll bisa kami terbitkan untuk semua jaminan tanpa agunan ( Non Collateral ) Tanpa Buka Rekening.

    BANK GARANSI & ASURANSI ( Katagori Layanan Bisnis )

    Sifat Dasar Usaha : MELAYANI PENERBITAN BANK GARANSI & ASURANSI TANPA AGUNAN ( NON COLLATRAL )

    Penjelasan Ringkas!! Surety Bond & Bank Garansi adalah suatu bentuk penjaminan dimana Surety
    ( perusahaan asuransi) atau Bank ,menjamin Principal ( kontraktor/ vendor/ supplier) akan melaksanakan kewajiban atas suatu prestasi/ kepentingan kepada Obligee sesuai kontrak/ perjanjian antara Principal dan Obligee.

    A. Jaminan Penawaran ( Bid Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal yang telah dinyatakan sebagai pemenang tender tidak bersedia menanda tangani kontrak atau tidak dapat menyerahkan jaminan pelaksanaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan oleh Obligee. Nilai jaminan berkisar antara 1 % sd.
    3 % dari harga penawaran

    B. Jaminan Pelaksanaan ( Perfomance Bond) : Menjamin Obligee apabila
    Principal yang telah menandatangani kontrak pelaksanaan kerja, mengundurkan diri atau memutuskan kontrak secara sepihak atau bersama sama dari kedua belah pihak yaitu antara Obligee dengan principal. Nilai jaminan berkisar antara 5 % sd. 10 % dari Nilai Proyek.

    C. Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal tidak dapat mengembalikan atau memperhitungkan uang muka yang telah diterima pada awal kontrak kepada Obligee sampai dengan proyek selesai.Nilai jaminan berkisar antara 10 % sd. 30 % dari Nilai Proyek.

    D. Jaminan Pemeliharaan ( Maintenance Bond) : Menjamin Obligee apabila Principal tidak melaksanakan kewajibannya memperbaiki kerusakan yang terjadi setelah pelaksanaan pekerjaan selesai sesuai ketentuan dalam kontrak. Nilai jaminan berkisar antara 5 % sd. 10 % dari Nilai Proyek. PeriodeJaminan(Insurance Period) :

    Jangka waktu Surety Bond sesuai dengan jangka waktu perjanjian / kontrak yang dibuat antara Penerima Jaminan (Obligee) dengan Terjamin ( Prinsipal)

    E . LINES OF INSURANCE
    - Marine Cargo Insurance
    - Marine Hull Insurance
    - Personal Accident Insurance
    - Engineering Insurance ( CAR, EAR, MB )
    - All Risk Insurance dll

    Kami memberikan kemudahan Untuk Penerbit Jaminan Bank Gransi & Surety Bond , termasuk di luar pulau jawa, di antara nya SUMATRA, SULAESI, KALIMANTAN ,dll Sila kan Henghubungi Perusahaan kami.

    PT. MEKARJATI JAYA LESTARI

    From: Yoga Naprianta
    HP. 0812-8902-7370,

    BalasHapus
  11. PT.NASAKA INDOASIA ABADI adalah perusahaan Freight Forwarder di Jakarta yang meliputi jasa Undername Export-Import, Jasa Door to Door Import, Jasa Import borongan dengan tarif kompetitif dan layanan cepat.

    PT.NASAKA INDO ASIA adalah sebuah perusahaan International Freight Forwarder terdepan yang memberikan solusi dalam menangani kebutuhan impor perusahaan dengan komitmen tinggi dalam menangani setiap aspek kebutuhan pengiriman barang dengan kompetensi jaringan luas dari penyedia barang, penyedia jasa transportasi (udara maupun laut) dan kepabeanan.


    VISI KAMI
    VISI : Melayani pengiriman barang anda dengan cepat dan aman, serta komunikasi dalam hal apapun.


    MISI KAMI
    MISI : Tujuan kami memberikan prioritas dan tarif bersaing dengan kepuasan pengguna layanan kami. How to serve You with our best services.

    Layanan service kami antara lain:


    1. Surat Registrasi Pabean ( NIK )
    2. Angka Pengenal Importir ( API )
    3. N P I K ( Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki lainnya )
    4. IT ( Besi Baja, Mainan, Elektronic, Garmen, Sepatu dan Peralatan kaki - lainnya )
    5. NPWP, SIUP, TDP & Akte Notaris
    6. Kadin & Others Sub Bidang
    7. Pengurusan Izin SIUP JPT
    8. Pengurusan Izin Sucopindo ( LS )
    9. Pengurusan Izin Label SNI ( Berbahasa Indonesia )
    10. Pengurusan Izin BPOM
    11. Pengurusan SNI
    12. Pengurusan Izin & Limbah Pabrik B3, B1, B2 & Izin Oprasionalnya
    13. Pengurusan Surat Izin Lainnya


    Product dan Service kami antara lain :

    1. Sea and Air Cargo Service
    2. Export & Import Customs Clearence Service
    3. International Courier Service
    4. Domestic Service
    5. Export Service
    6. Consigne / Undername
    7. Borongan ( All-In )
    8. Door to Door Services

    Percayakan perjalanan barang anda bersama kami.

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan,Besar harapan kami bisa kerjasama dengan perusahaan Bpk/Ibu dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.



    Arizal Nasaka
    Marketing Import
    Mobile Phone/WA : 0812 8550 9798
    E-Mail / YM : arizal_nasaka01@yahoo.com



    PT. NASAKA INDO ASIA
    INTERNATIONAL FREIGHT FORWARDING - CUSTOMS CLEARANCE - DOOR TO DOOR SERVICES - UNDER NAME - LAND TRANSPORT - WAREHOUSE
    Head Office :
    Graha EMRE Lt.03 Room 303
    Jln. Raya Pondok Gede No. 37 Jakarta Timur 13560 Indonesia
    Phone : +62-21 800 5988 (Hunting)
    Facimile : +62-21 2280 6796
    E-mail : nasakalogistics@gmail.com

    BalasHapus
  12. Saya pekerja kontrak pt sari LEMBAH SUBUR melaporkan bahwa saya di afdeling Hotel tidak ada keadilan dari mandor dan mandor 1satu saya di sini membutuhkan keadilan dan kedisiplinan dan kejujuran dari mandor

    BalasHapus
  13. Dear : Custumer Import & Domestics
    Kami dari TWIN Logistics mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.



    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm.logistics@gmail.com

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, cs@twinlogistics.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id

    BalasHapus
  14. Kepada Yth :
    Pimpinan Perusahaan        
    Dear Purchasing, Bag Import.

    Dengan hormat,
    Kami Dari PT.BINTANG SAMUDERA ASIA memperkenalkan diri sebagai Perusahaan International Freight forwarder yang berdomisili di Jakarta dan kami siap membantu segala ayang berhubungan dengan proses Kepabeanan. Sebagai dasar pendukung memenuhi kebutuhan pelanggan, maka kami telah memiliki serta melengkapi beberapa izin yang di perlukan.


    Project kerjasama unggulan kami seperti berikut :
    • Import via Laut & Udara (dari semua negara)
    • Export via Laut & Udara (ke semua negara)
    • Import Resmi LCL / FCL  • Door to Door Service (semua negara)
    • Port to Port (semua negara)
    • Direct Flight  (semua negara)  
    • Import Lisence for Undername (Legalitas untuk Consignee)
    • Import Borongan All-in 
    • Customs Clearance Import & Export
    • Import via Laut & Udara
    • LCL / FCL, Break-Bulk & Personal Effect
    • Pengiriman Domestik (antar pulau)
    • Transfer PIB / PEB (EDI System)
    • Pergudangan & Distribusi Logistik

    Jasa Import (LCL & FCL) Murah & Cepat – Pelayanan kami (International):
    1. Pengiriman borongan All In / Door To Door Service, FCL/ LCL, By Sea & Air
    2. Custom Import
    3. Bill Of Lading, Ocean Freight
    4. Loading Container di pabrik, Pick Up Barang.
    5. Warehousing, Trucking.

    Kami berharap bisa memenuhi kebutuhan customer dan mampu membangun kerja sama dengan baik.

    Salam Hormat.  
    Angga Saputra
    Marketing Bag Import
                
    PT.BINTANG SAMUDERA ASIA
    Graha Proton Jl.Jatinegara Barat No. 195, Balimester Jakarta Timur
    Phone     :021 8192 442
    Fax      :021 2298 5667
    Hp/Wa     :0823 2169 5348
    Email     :angga.bisacargo@gmail.com
    Website   :www.bisacargo.com / www.bintangsatuasia.com

    BalasHapus